Senin, 05 Maret 2012

10 Hewan Super Cerdas

10 Hewan Super Cerdas

Selama berabad-abad, kita melihat ada binatang yang dapat bicara, memecahkan masalah dan merasakan emosi. Tapi kita penasaran apakah ada binatang lain yang dapat mengalahkan kemampuan manusia. Untuk beradaptasi, binatang dapat mengembangkan bentuk fisik mereka atau menggunakan otak. Para ilmuwan telah membuktikan bahwa ada beberapa binatang yang kemampuan otaknya mengalahkan manusia melalui tes intelegensi.





1. Ayumu, Si simpanse super pintar dari Jepang

Di Universitas Kyoto terdapat para ahli angka dan memori, dalam hal ini bukan ilmuwan, akan tetapi, simpanse seperti Ayumu. ia mampu mengurutkan angka dengan benar dan cepat. Pada satu tes, Ayumu diberi angka2 dengan posisi acak, kemudian diberi waktu 0.5 detik untuk mengingat urutan dan posisinya sebelum angka2 tersebut ditutup dan ia diminta untuk memencet layar sesuai dengan urutan angka. Dan ia dapat menjawab semua pertanyaan dengan benar.



2. Paus Bungkuk, Alaska
Sekelompok kecil Paus Bungkuk terlihat di Alaska ketika mereka sedang mempersiapkan perjalanan ke tempat perkembangbiakkan mereka sejauh 3000 mil. Sebagai bekal, Setiap ekor harus menyantap satu juta ikan selama beberapa minggu. Untuk mendapat jumlah ikan yang sangat banyak, mereka harus bekerja sama dan menggunakan kepintaran yang mereka miliki. Salah satu taktik yang digunakan adalah membuat jala dari gelembung air. Salah satu paus bertugas membuat gelembung air disekitar kawanan ikan, sementara yang lain menggiring kawanan ikan ke permukaan dgn membentuk lingkaran, setelah kawanan ikan tersebut terdesak, mereka akan menyantap kawanan ikan tersebut beramai-ramai.



3. Orang Utan, Jerman

Di Kebun Binatang Liepzig, ilmuwan menguji kemampuan orang utan untuk memecahkan masalah baru. Awalnya ia menguji kepada manusia. Ada sekantong permen dimasukkan ke dalam tabung tinggi. Peralatan yang bisa digunakan untuk membantu sudah disediakan tidak jauh dari tabung tersebut, tapi tidak ada satu anak pun yang berhasil mengambil permennya. Kemudian hal tersebut diujikan ke orang utan. sebuah kacang dimasukkan ke dalam tabung yang serupa. Lalu apa yang mereka lakukan? Mereka mengambil air dari tempat minum dgn mulutnya, kemudian memasukkan air tsb ke dalam tabung hingga penuh dan kacang tsb pun mengambang, sehingga kacang dapat diambil dengan mudah.



4. Hank, si burung night herring dari Hawai

Ketika burung2 lain langsung memakan roti yang diberikan oleh pengunjung, Hank pny cara tersendiri. Ia tdk akan lgs memakan rotinya tetapi menaruhnya di air sebagai umpan untuk mendapatkan ikan. Hank tidak akan mengambil ikan yang terlalu kecil, ia akan menunggu ikan yang cukup besar untuk datang dan memakannya. Jika ada ikan yang terlalu besar maka ia akan mengambil roti / umpan tersebut dan menyimpannya untuk nanti.



5. Tillman anjing skateboard, California
Kemampuan binatang untuk bereksperimen seperti yang dimiliki Tillman dapat menandakan kepintaran yang dimiliki. Berawal dari pemilik Tillman yang suka mengajak Tillman jalan-jalan ke Skatepark di Venice Beach California. Tillman senang bereksperimen dengan menaiki skateboard. Pemilik nya tidak pernah mengajari Tillman cara menggunakan skateboard, akan tetapi Tillman yang menggemari olahraga tersebut belajar dengan sendirinya.



6. Lumba-Lumba, Honduras
Lumba2 memang sudah terkenal sebagai binatang yang pintar. Tapi tidak hanya pintar, mereka juga memiliki kreativitas yang lbh tinggi apabila dibandingkan dgn binatang2 lainnya. Disini mereka diajarkan untuk berimajinasi dan membuat gerakan2 baru. Ketika trainer duduk bersila seperti bertapa (yang artinya 'create') maka mereka akan mencoba untuk menciptakan gerakan2 baru yang berbeda2.



7. Gurita Raksasa Lautan Pasifik, Pesisir Canada 
Seorang penangkap kepiting biasanya menangkap kepiting dengan menggunakan jaring besi yang di dalamnya terdapat umpan. Ketika kepiting masuk ke dalam jaring tersebut, mereka tidak bisa keluar lagi karena mereka (crustacea) memiliki tingkat kepintaran yang rendah. Tp hal tersebut tidak berlaku pada gurita. Mereka memiliki kemampuan berpikir dan mencari jalan keluar. Hal tersebut tidak mengherankan karena mereka memiliki otak yang besar, yang duapertiganya adalah neuron yang tumbuh hingga ke tentakelnya. Ketika mereka masuk ke dalam jaring, mereka sanggup menemukan cara utk keluar.



8. Burung Mountain Chickadee, Nevada
Dari sebuah penelitian terbukti bahwa lingkungan berpengaruh dalam membentuk intelegensia binatang. Ketika dites, dua burung chickadee yang berasal dari tempat yang berbeda harus mengambil makanan yang tertutupi kaca. Burung yang sebelah kiri berasal dari kansas yang memiliki iklim yg bersahabat dan makanan yang berlimpah. Sedangkan yang sebelah kanan berasal dari Nevada yg iklimnya tdk bersahabat dan sulit sekali mendapatkan makanan. Hasilnya? burung yang berasal dari lingkungan yang keras berhasil membuka penutup kaca dan mengambil makanannya tanpa kesulitan.



9. Rio, Singa laut dari santa cruz, california
Kepintaran Rio adalah ia mampu membedakan huruf dan angka. Tesnya : kotak pertama yang bersisi huruf atau gambar diberikan kepadanya. Lalu ia diberi dua kotak lainnya yang satu berisi huruf dan yang satu lagi bersisi angka. Ia harus mencocokan isi kotak pertama dengan dua kotak lainnya. Jika kotak pertama adalah angka maka ia harus memilih kotak lain yang berisi angka.



10. Griffin Kakatua Abu-abu

Griffin memiliki intelegsia tertinggi karena dapat membedakan bentuk, warna, bahkan huruf dan perbedaan suatu benda.Saat dites, ia diberikan sebuah benda. ia dapat secara tepat menyebutkan nama benda tersebut, begitu pula ketika diminta menyebutkan warna, angka dan huruf. sungguh menakjubkan

0 komentar:

Posting Komentar